Atraksi Laut hingga Langit di Taman Nasional Togean

Taman Nasional Togean menyajikan atraksi laut hingga langit yang luar biasa. Selain Terumbu Karangnya yang fenomenal, tempat ini juga menjadi favorit para wisatawan pecinta burung. 

Dewi Cholidatul

Seorang wisatawan sedang bersantai di bawah pohon kelapa, di Pulau Kadidiri, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah. Kepalanya menengadah, seolah tak terusik dengan terik matahari. Ia bahkan membiarkan sang surya membakar kulitnya yang kemerahan.

Aktivitas santainya terusik saat awan berarak ke arah barat daya. Sejenak kemudian badannya menegak, saat melihat kelebat burung elang laut berkepala putih di atas langit. Ekornya yang pendek tampak berbentuk baji dan sayapnya terangangkat ke atas membentuk huruf V. Haliaeetus leucogaster itu membentangkan sayapnya sepanjang tiga meter, berputar-putar membentuk lingkaran.

Tangannya turis itu sontak melepas kacamata ryband, dan menggantinya dengan teropong. Dadanya ikut berdegup kencang saat satwa itu melesat ke arah laut secepat kilat. Seekor ular laut yang malang ikut tebang menjauh dalam cengkraman kakinya.

Di bawahnya, seekor ikan karang seolah tak menyadari peristiwa rantai makanan yang terjadi di belakangnya. Ia sedang asyik bermain diantara rerimbun anemon laut yang menancap pada terumbu karang endemik, Accropora togeanensis.

Satwa ‘langit’ yang mempunyai panjang tubuh 70–85 cm itu merupakan salah satu pemandangan sehari-hari di Pulau Kadidiri, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Togean. Bagian atas satwa ini berwarna abu-abu kebiruan, sedangkan bagian bawah, kepala, dan leher berwarna putih.

Irisnya yang berwarna coklat menambah kesan tajam pada matanya. Kuku, paruh dan sera berwarna abu-abu. Sementara, tungkai tanpa bulu dan kaki berwarna abu-abu.

Tempat ini menjadi tempat favorit para pecinta burung untuk melakukan pengamatan, Bird Waching. Selain elang kepala putih, beberapa jenis burung langka lainnya juga kerap terlihat di pulau ini.

Pulau yang terletak di Teluk Tomini ini juga memiliki keindahan taman bawah laut. Sedikitnya 200 jenis terumbu karang alami ditemukan di tempat ini.

Survei Marine Rapid Assessment Program (MRAP) yang dilakukan oleh Conservation International Indonesia (CII) di Kepulauan Togean mencatat sebanyak 262 spesies karang yang tergolong kedalam 19 Familia pada 25 titik terumbu karang yang tersebar di Kepulauan Togean. Satu diantaranya endemik Togean, yaitu Accropora togeanensis. Sementara, enam jenis lainnya merupakan jenis baru yang hanya ditemukan di Kepulauan Togean, yaitu Acropora, Porites, Leptoseris, Echinophyllia dan 2 jenis dari genus Galaxea.

Tak heran, kawasan ini merupakan bagian dari ekosistem terumbu karang penting dari ‘coral triangle’ yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia.

Kawasan ini juga mengoleksi 596 spesies ikan karang yang termasuk dalam 62 Familia. Dua jenis diantaranya, yakni Paracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp endemik yang hanya bisa ditemukan di Kepulauan Togean. Selain itu juga tercatat 555 spesies moluska dari 103 famili, 336 jenis Gastropoda, 211 jenis Bivalvia, 2 jenis Cephalopoda, 2 jenis Scaphopoda dan 4 jenis Chiton.

Semua keindahan biota laut itu tak harus dilihat dengan cara menyelam. Jenis air laut yang jernih serta tumbuhnya karang-karang di tepi laut yang dangkal membuatnya bisa dinikmati dengan cara snorkeling atau bahkan sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai pasir putih.

Taman Nasional yang terletak dalam zona transisi garis Wallace dan Weber ini terbentuk akibat aktivitas vulkanis, sehingga ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Taman nasional ini memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini, memanjang sekitar 102,7 km. Kawasan ini memiliki 66 pulau besar dan kecil, seperti pulau Kadidiri, Unauna, Batudaka, Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi.

Leave a Reply

Top